10 Tips Rental Motor Jogja, Yang Harus Anda Ketahui

Jika diperhatikan secara seksama, saat ini, tidak hanya mobil yang ada dan disewakan oleh para pemilik rental kendaraan, namun aneka motor pun tersedia. Fasilitas ini sendiri disediakan guna memenuhi kebutuhan pelanggan, yang membutuhkan kendaraan praktis, mudah digunakan kemana saja, ringkas (karena yang menggunakan hanya 1 atau 2 orang saja), dan pastinya memudahkan pihak penyewa dari kemacetan berkendara. Umumnya pihak penyewa disini adalah para pelancong yang sedang mengunjungi kawasan Jogja. Anda yang saat ini berada di Yogya atau merencanakan berlibur ke Yogya, dan berencana menggunakan rental motor Jogja, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :
1.Cari rental motor yang terpercaya
Seperti umumnya, ketika Anda mencari rental mobil. Anda juga perlu mencari tempat rental motor yang terpercaya. Anda dapat mencari informasi seperti ini, melalui teman, kerabat, saudara atau bahkan mencari informasinya melalui media online.
Tidak ada salahnya, jika Anda mencari tempat rental motor yang lokasinya dekat dengan penginapan. Misalnya saja Anda saat ini menginap di kawasan Malioboro, tidak ada salahnya jika mencari penyedia sewa motor Jogja Malioboro. Hal ini dilakukan agar Anda dapat melakukan survei secara langsung.
2.Pilih motor sesuai kebutuhan dan kemampuan
Setelah mengunjungi, atau setidaknya memperoleh keterangan tempat rental motor yang dapat dipercaya. Maka berikutnya adalah mencari tahu, motor seperti apa yang ada di pihak penyedia jasa, dan motor seperti apa yang dibutuhkan. Pastinya pihak rental motor mempunyai beberapa jenis motor, mulai matic, hingga yang manual. Koleksi motor yang disewakan, tersedia dalam berbagai macam brand.
Dalam menyewa motor, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja anda akan mengunjungi lokasi tertentu, menyesuaikan motor dengan penampilan fisik, serta hal-hal lainnya. Misalnya saja hendak traveling ke beberapa kawasan Jogja yang rutenya tidak terlalu bagus, maka sewa motor ninja Jogja, dapat dijadikan sebagai pilihan. Lain halnya jika Anda hanya berencana melakukan traveling keliling kota, menggunakan motor matic, tentu tidak menjadi masalah !
3.Sudah dilengkapi dengan perlengkapan standar
Tips lainnya yang juga perlu diperhatikan, ketika mengunjungi sewa sepeda motor Yogyakarta, adalah memperhatikan aneka perlengkapan standar yang ada di dalam motor itu sendiri. Kelengkapan standar yang dimaksud, antara lain, helm berstandar SNI, dan juga jas hujan. Anda yang ingin menyewa motor ini sendirian, maka 1 buah helm, dirasa cukup. Tapi jika Anda menyewa motor ini untuk berdua, sebaiknya minta helm tambahan, termasuk juga jas hujan.  Pastikan perlengkapan tersebut dalam kondisi bagus, dan layak pakai.
4.Surat kendaraan lengkap
Apabila Anda mengunjungi tempat sewa motor murah Jogja, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah aneka surat kendaraan, dari motor yang akan disewa. Pastikan aneka surat menyuratnya lengkap, mulai dari BPKB, STNK, dll. Tidak hanya itu, pastikan juga Anda sudah mempunyai SIM, dan membawanya. Karena umumnya SIM ini menjadi salah satu persyaratan yang diminta oleh pihak penyedia rental. Pastikan surat menyurat tersebut dalam status aktif, dan tidak kadaluarsa, atau bahkan belum dibayar. Menggunakan motor yang surat kendaraannya lengkap, akan membuat Anda nyaman berkendara.
5.Perhatikan bahan bakar
Apabila Anda menemukan dan menggunakan sewa motor murah Yogyakarta, tentu tidak masalah. Tapi dalam hal ini, perlu diperhatikan, ketersediaan bahan bakar yang ada. Umumnya, ketika Anda menyewa motor tersebut, sudah termasuk bahan bakar yang ada di dalamnya. Jadi dalam hal ini, pastikan dalam motor tersebut sudah terdapat bahan bakar, sebaiknya sudah terisi penuh.
Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda juga mencari tahu, tipe bahan bakar yang digunakan oleh motor tersebut, apakah premium, pertamax atau bahkan lite. Dengan mengetahui bahan bakar yang digunakan, maka sebaiknya isi bahan bakar yang tepat, agar motor tetap nyaman digunakan.
6.Cek kondisi motor
Apabila Anda sewa motor Yogyakarta murah sebaiknya cek juga kondisi motor yang digunakan. Pastikan motor yang hendak disewa dalam kondisi prima. Cek kondisi mesin, rem, body motor, spion, kondisi ban dan yang lainya. Kondisi motor yang prima, akan membuat rencana liburan Anda akan semakin nyaman dan menyenangkan.
Pada saat pengecekan ini, sebaiknya dilakukan oleh kedua belah pihak, yaitu Anda sebagai pihak penyewa dan juga perwakilan dari layanan sewa sepeda motor Jogja. Jika ada hal-hal yang dianggap janggal, sebaiknya ceritakan hal tersebut, pada pihak penyedia rental.
7.Cek syarat dan ketentuan yang berlaku
Setelah menemukan motor yang cocok, dan sebelum menyewanya, cek juga aneka macam syarat dan ketentuan yang diminta oleh pihak sewa motor Jogja murah, tersebut. Syarat yang diajukan disini antara lain, sudah mempunyai SIM, mempunyai KTP, alamat penginapan lengkap dan yang lainya. Untuk ketentuan, biasanya berhubungan dengan lama rental, jenis bahan bakar yang sebaiknya digunakan dan hal lainnya.
Persyaratan dan aneka ketentuan ini, akan Anda ketahui sebelum melakukan perjanjian rental dengan pihak penyedia jasa. Perhatikan dan baca secara teliti, agar mengerti berbagai macam aturan yang ditawarkan oleh pihak rental. Apabila ada hal yang tidak dimengerti, sebaiknya tanyakan dan konsultasikan hal tersebut secara langsung.
8.Cek harga sewa
Harga sewa mobil di Jogja pastinya beragam ! Karena ada beberapa hal yang melatar belakangi hal tersebut, seperti tipe motor, usia motor, lama sewa motor, dan hal lainnya. Jadi sebelum sewa motor, sebaiknya cek dahulu harga sewa yang ditawarkan.
Untuk mencari tahu, apakah harga yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa terbilang standar atau tidak. Tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu aneka harga sewa motor di tempat lainnya. Jadi Anda tidak merasa bahwa harga rental motor di tempat tersebut, terlalu mahal.
9.Lama rental motor
Untuk harga sewa motor di Jogja ini sendiri juga tergantung dari lama rental, dan ketentuan rental itu sendiri. Maksudnya ada beberapa penyedia layanan yang memberikan minimal sewanya selama 1 hari penuh, sewa selama 1 minggu, atau yang lainnya ! Jadi dalam hal ini, Anda sebaiknya memperhatikan lama sewa motor sesuai kebutuhan. Misalnya saja Anda berencana untuk tinggal di Yogya selama 1 minggu, maka dalam hal ini, Anda akan menyewa motor tersebut selama 1 minggu. Tapi apabila Anda hanya ingin mencoba menggunakan motor untuk kondisi tertentu saja, sebaiknya pilih layanan sewa harian.
Ada cukup banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, ketika menyewa motor ketimbang sewa mobil. Terutama ketika Anda berlibur di kawasan yang padat, dan sering terjadi kemacetan. Selain itu, dengan sewa motor, Anda jadi lebih bebas, untuk bepergian ke mana saja, dan berhenti di tempat tertentu, tanpa harus ribet masalah parkir.
Namun sebelum melakukan sewa motor, sebaiknya perhatikan dengan baik, beberapa tips di atas, agar Anda nyaman dan tepat dalam memilih rental motor. Tentunya hal ini dilakukan agar rencana liburan Anda dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.