Menikmati Keindahan Alam Pedesaan dan Burung Kuntul Putih di Desa Wisata Ketingan


Desa wisata Ketingan adalah salah satu desa wisata yang letaknya berada di Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, kabuoaten Sleman, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibandingkan dengan desa wisata yang lain, Ketingan terbilang cukup unik karena menawarkan pesona burung kuntul putih liar yang saat ini sudah cukup jarag bisa ditemukan di derah lain. Memang harus diakui bahwa alam dan seluruh isinya menawarkan keindahan yang luar biasa. Dan Ketingan menawarkannya untuk Anda yang tertarik untuk menikmatinya. 

Keindahan alam pedesaan yang khas akan langsung bisa dirasakan sejak pertama kali memasuki gerbang masuk desa yang saat ini menjadi salah satu desa wisata paling diminati tersebut. Pengunjung akan dapat menemukan berbagai jenis pohon yang tumbuh liar dari mulai masuk hingga ke dalam desa. Di sepanjang jalan menuju Desa Wisata Ketingan, akan dapat dilihat secara langsung bahwa keasrian dan kealamian desa ini memang masih sangat terjaga. Desa wisata ini sekilas tidak jauh berbeda dengan desa wisata yang lain yang ada di Yogyakarta, yakni menawarkan berbagai kegiatan khas pedesaan serta pertunjukan seni dan budaya tradisional yang dimiliki.

Namun, yang menjadi pembeda antara Desa Wisata Ketingan dengan desa wisata yang lain adalah habitat burung kuntul putih yang dapat dilihat secara langsung. Disediakan gardu pandang yang memang secara khusus dibuat untuk memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi dan melihat aktivitas burung – burung liar tersebut. Waktu terbaik untuk melihat dan menikmati kegiatan burung kuntul putih di desa Ketingan adalah saat pagi dan sore hari. Saat pagi, burung kuntul putih masih belum terbang meninggalkan desa sedangkan saat sore burung – burung berwarna putih bersih tersebut sudah kembali ke sarangnya. 

Saat bulan purnama, aktivitas burung kuntul putih biasanya akan bertambah karena dengan sinar bulan, ratusan burung akan beterbangan dari sore hingga malam hari di atas desa. Desa Ketingan memang sudah menjadi tempat bersarang burung kuntul putih sejak berpuluh tahun lalu. Kebijakan warga untuk tidak memburunya dan tidak menebangi pohon – pohon tinggi yang menjadi tempat bersarang menjadi faktor penyebab mengapa burung – burung yang sering terlihat mencari makan di areal persawahan tersebut mau menetap di sana. Karena desa wisata Ketingan merupakan habitat burung kuntul putih yang kini semakin langka, maka kegiatan perburuan sangat dilarang.

Selain melihat dan menikmati aktivitas burung kuntul putih liar, di desa Ketingan, engunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan khas pedesaan, sepert ikut menanam padi bersama petani, membajak sawah dengan menggunakan alat bajak tradisional yang masih menggunakan sapi hingga turut serta melakukan panen. Pengurus desa wisata juga acapkali menyelenggarakan pertunjukan seni dan budaya tradisional, seperti karawita, jathilan, angguk hingga wayang kulit semalam suntuk. Pengunjung pun disediakan home stay berupa rumah adat Jawa atau Joglo yang dapat dijadikan tempat menetap sementara selama di Ketingan.

Untuk mencapai desa Ketingan dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusta kota Yogyakarta. Alat transportasi terbaik untuk ke sana adalah dengan menggunakan sepeda motor karena akses jalan menuju ke sana terbilang sempit. Untuk bisa mendapatkan motor, Anda bisa menyewanya di Mandiri Motor di nomor telepon 082134415485 atau di nomor HP 085743130870 atau Anda bisa melakukan reservasi di website kami ini. Tersedia sepeda motor tipe terbaru yang siap untuk mengantarkan Anda ke Desa Wisata Ketingan yang terkenal.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
www.rentalmotoryogyakarta.com
www.rentalmotorjogja.net
www.sewamotoryogya.com
www.rentalmotordijogja.com
www.sewamotoryogyakarta.com
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)

Subscribe to receive free email updates: