Menikmati Indahnya Panorama Gunungkidul Dari Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran Tempat Terbaik Melihat Sunset

Terdapat begitu banyak objek wisata alam yang terdapat di kabupaten Gunungkidul yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Yogyakarta, salah satunya adalah Embung Nglanggeran. Embung atau telaga ini belum lama dibuka dan diresmikan. Secara geografis, embung atau telaga buatan ini termasuk ke dalam wilayah dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. baru diresmikan pada tahun 2013 lalu, embung ini daulu merupakan sebuah bukit yang dikenal dengan sebutan gunung Gandu. Akan tetapi, gunung tersebut kemudian dipotong dan digali untuk dijadikan sebagai telah tadah hujan. Tujuan dibuatnya telaga atau embung ini sendiri adalah untuk mengairi kebun buah yang ada di sekitarnya. 

Selain dari air hujan, air yang menggenangi Embung Nglanggeran juga berasal dari sumber air Sumurup yang berada di Gunung Nglanggeran, tidak jauh dari lokasi embung. Karena merupakan hasil dari pemotongan bukit, maka embung ini letaknya cukup tinggi, yakni tepat di puncak bukit. Oleh karena itu, dari lokasi embung para pengunjung akan dapat menikmati pemandangan indah kabupaten Gunungkidul dengan jelas dan bahkan menikmati indahnya matahari terbenam atau sunset. 

Embung Nglanggeran diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan dan suasana di embung tersebut, pengunjung hanya dipungut retribusi sebesar 3 ribu rupiah per orang. Akan tetapi, berbeda dengan telaga atau danau lain, di embung atau telaga buatan ini pengunjung tidak diperbolehkan untuk memancing, mandi atau bersampan. Meski begitu, pemandangan alam Gunungkidul yang indah tetap dapat dinikmati dengan leluasa. Waktu paling baik untuk ke sana adalah pada sore hari karena dari lokasi embung pengunjung akan bisa melihat dengan jelas indahnya matahari terbenam. Bahkan, tidak sedikit yang mengatakan bahwa embung ini adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta.

Perjalanan untuk bisa mencapai lokasi Embung Nglanggeran sendiri cukup menantang. Pasalnya, pengunjung harus rela melewati areal perkampungan dengan medan jalan yang diapit oleh tebing – tebing bebatuan yang cukup curam. Bagi banyak orang, sensasi perjalanan menuju ke lokasi embung menjadi satu sensasi tersendiri karena bisa memacu adrenaline. Sayangnya, transportasi umum masih terbilang jarang yang langsung menuju ke lokasi embung. Kalaupun ada, pengunjung mesti harus bergonta – ganti alat transportasi, mulai dari bus hingga naik ojek. Oleh sebab itulah, cara terbaik untuk pergi ke embung tersebut adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor karena selain jalan Wonosari – Yogyakarta sering macet, juga karena sepeda motor akan dapat dengan mudah mencapai lokasi embung. Pengunjung yang ke sana memakai sepeda motor tidak perlu takut tersesat, karena ada cukup banyak papan penunjuk jalan menuju ke lokasi telaga atau embung.

Bagi Anda para wisatawan yang ingin ke lokasi embung dengan sepeda motor, Anda bisa menyewanya di MANDIRI MOTOR yang terletak di Jln Lempuyangan No 8 PJKA 8 Yogyakarta atau di depan stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. sepeda motor yang disediakan adalah sepeda motor tipe terbaru sehingga kondisinya masih sangat baik dan bisa diandalkan. Untuk pemesanan, Anda bisa langsung menghubungi RentalMotorYogyakarta.com di nomor telepon 082134415485 atau di line SMS 085743130870. Disediakan pula layanan delivery order sehingga Anda tidak perlu mengambil sendiri motor yang Anda sewa. Jadi, sempatkan waktu liburan Anda di Jogjakarta dengan melihat indahnya panorama Jogjakarta dan matahari terbenam di Embung Nglanggeran.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)

Subscribe to receive free email updates: