Keindahan Pantai Nguyahan Tersembuyi Di Balik Popularitas Ngobaran


Pantai Nguyahan Yang Tersembunyi

Pantai Nguyahan adalah nama sebuah pantai kecil di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yang memiliki hamparan pasir putih dan diapit oleh bukit atau tebing karang. Pemandangan di pantai ini masih sangat alami dan asri serta tidak terlalu padat oleh wisatawan. Oleh karena itu, pengunjung akan dapat merasakan kebebasan lebih, yang jarang bisa didapatkan saat mengunjungi pantai lain yang sudah dikenal luas. Bagi pecinta kuliner laut alias seafood, Nguyahan menawarkan sensasi dan pengalaman berbeda karena di sana terdapat desa nelayan yang dalam kesehariannya mencari lobster dan landak laut atau yang juga dikenal dengan bulu babi. Kedua hewan laut tersebut merupakan menu favorit yang ditawarkan di warung – warung di sekitar Pantai Nguyahan yang secara langsung berdekatan dengan Pantai Ngobaran.

Menurut penduduk yang tinggal di sekitar pantai, nama Nguyahan diambil karena dahulu saat zaman penjajahan Belanda, pantai tersebut sering dipakai untuk membuat garam atau dalam bahasa Jawa disebut Uyah. Garam yang dihasilkan oleh pantai ini dulu dijadikan sebagai upeti untuk disetorkan ke pemerintah Belanda. 

Sangat jauh berbeda dengan pantai Ngobaran yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat dan wisatawan, Pantai Nguyahan ini masih terbilang sepi karena memang jarang dikunjungi oleh wsiatawan. Selain itu, tidak adanya papan penunjuk mengarah ke pantai ini, membuat wisatawan tidak mengetahui bahwa ada pantai indah yang tersembunyi di samping Ngobaran.

Berdampingan dengan pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan seperti menawarkan solusi bagi para wisatawan yang tidak dapat bermain air di Ngobaran. Di sini, wisatawan bisa dengan bebas berenang, bermain pasir maupun bermain air sembari menghabiskan waktu liburan. Untuk bisa sampai ke pantai ini tidaklah sulit karena dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari pantai Ngobaran. Jaraknya hanya sekitar 100 meter ke sebelah barat Ngobaran yang lebih dikenal. Secara administrative, Nguyahan juga masih berada dalam satu wilayah dengan Ngobaran, yakni di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Nguyahan berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, banyak pula dari mereka yang membuka usaha warung makan yang menjajakan seafood dari hasil tangkapan sendiri. Pantai ini kurang dikenal bukan karena tersembuyni akan tetapi karena tidak adanya penunjuk jalan dari Ngobaran yang mengarahkan wisatawan ke sana. Padahal, hanya dengan melewati bukit karang yang ada di pinggir pantai Ngobaran, wisatawan akan langsung menemukan surge tersembunyi ini. Akses jalan menuju Nguyahan dari Ngobaran masih berupa jalan berbatu sehingga wisatawan hendaknya berhati – hati, terutama saat musim hujan. Meski begitu, perjuangan dan perjalanan dari Ngobaran ke Nguyahan akan terbayarkan saat menemukan indahnya pantai ini.

Untuk bisa menuju ke Nguyahan, wisatawan harus terlebih dulu ke Pantai Ngobaran. Belum banyak transportasi umum yang menuju ke sana karena memang akses jalan ke pantai tersebut kurang memadai untuk dilalui kendaraan besar. oleh karena itu, opsi terbaik untuk ke Ngobaran dan Nguyahan adalah dengan menggunakan sepeda motor yang bisa disewa dari MANDIRI MOTOR. Dengan sepeda motor, wisatawan bisa melewati jalan Imogiri – Panggang yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan menghemat cukup banyak waktu. untuk booking, anda bisa mengunjungi RentalMotorYogyakarta.com di nomor telepon 082134415485 atau nomor HP 085743130870. Disediakan pula layanan delivery service yang berarti anda tidak perlu ke kantor MANDIRI MOTOR secara langsung. Jadi, buktikan keindahan alam selatan Yogyakarta dengan pergi ke Pantai Nguyahan.



RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)

Subscribe to receive free email updates: