Goa Langse Desa Giricahyo Yang Penuh Dengan Aura Mistis


Goa Langse Desa Giricahyo Tempat Tirakat dan Menikmati Pemandangan Laut Selatan

Kabupaten Gunungkidul, yang notabene masih termasuk ke dalam wilayah Yogyakarta memang masih kental dengan cerita – cerita mistis dan mitos yang melingkupi berbagai tempat yang ada di sana, salah satunya adalah di Goa Langse Desa Giricahyo. Banyak peneliti yang mengatakan bahwa kentalnya mitos dan cerita mistis yang melingkupi kabupaten Gunungkidul tidak terlepas dari sejarah panjang serta hubungan yang dimilikinya dengan berbagai kerajaan kuno, seperti kerajaan Majapahit dan Mataram. Bagi sebagian orang, mitos dan cerita mistis yang berkembang dianggap sebagai sesuatu yang nyata, namun tidak sedikit pula yang tidak mempercayainya. Hal itu pula yang terjadi pada Goa Langse Desa Giricahyo. 

Goa Langse Desa Giricahyo terletak di pedukuhan Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. letak goa in persis di tebing pantai selatan, yang tentunya semakin menambah aroma mistis karena memang selama ini masyarakat Jawa percaya bahwa pantai selatan adalah tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul. Karena langsung menghadap ke pantai selatan, pengunjung yang ke sana akan bisa menikmati panorama yang luar biasa indah dan bahkan sunset saat senja datang. Gua ini terbilang sangat luas dan di dalamnya berhiaskan stalagmite serta stalagtit yang beraneka ragam jenisnya. Tidak hanya itu, di dalam perut goa ini juga mengalir sungai bawah tanah, yang merupakan ciri khas dari goa – goa yang ada di pegunungan karst atau kapur seperti Gunungkidul. Di dalamya juga dapat ditemukan sumur atau mata air yang meski berada di pinggir pantai namun berair tawar.

sejak pertama kali dibuka pada tahun 1948, Goa Langse Desa Giricahyo memang dikenal sebagai salah satu tempat untuk melakukan ziarah atau wisata rohani, tepatnya bagi para penganut aliran kejawen atau kepercayaan Jawa. Bagi para penganutnya, goa Langse ini dipercaya sebagai tempat semedi Panembahan Senopati atau raja Mataram yang pertama saat hendak membuka alas Mentaok yang akan dipakai sebagai ibukota kerajaan. Ada pula cerita yang berkembang bahwa yakni Sunan Kalijogo, Syech Siti Jenar serta para raja Mataram dan Pageran Diponegoro pernah melakukan tirakat di tempat tersebut. bahkan tidak sedikit yang mempercayai bahwa presiden pertama Ir. Soekarno, presiden Soeharto dan Panglima Besar Jenderal Sudirman pernah tirakat di sana.

Letak Goa Langse Desa Giricahyo berada di sebelah tenggara pantai Parang Ndog dan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. Ketika sampai di pantai Parangtritis, maka akses menuju ke goa tersebut akan dapat dengan jelas terlihat karena memang sudah ada penunjuk jalan ke lokasi goa. Kedalaman goa ini sekitar 100 hingga 200 meter dan memiliki dua ruangan utama. Di dalamnya terdapat tempat untuk melakukan ritual. Mereka yang memang bersungguh – sungguh ingin melakukan tirakat, biasanya menggunakan ruang dalam yang suasana gelap gulita sedangkan para pemula pada umumnya memakai ruangan di dekat mulut goa atau di bangunan yang letaknya tidak jauh dari goa tersebut. 

Anda yang tertarik untuk berkunjung ke goa yang juga dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul tersebut, bisa menggunakan sepeda motor yang dapat Anda sewa di MANDIRI MOTOR. Motor yang disewakan di sana adalah motor tipe terbaru sehingga akan dapat menunju ke lokasi goa dengan cukup mudah. Untuk memesan atau mengetahui ketersediaan motor dan informasi lainnya, Anda bisa menghubungi RentalMotorYogyakarta.com di nomor telepon 082134415485 atau di line SMS 085743130870. Buktikan keindahan panorama alam Yogyakarta dengan berkunjung ke Goa Langse Desa Giricahyo yang penuh dengan aura mistis.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)

Subscribe to receive free email updates: