Air Terjun di antara Tebing, Grojogan Watu Jonggol


Grojogan Watu Jonggol merupakan salah satu kawasan wisata air terjun di Kulon Progo, Yogyakarta. Kawasan wisata yang terkenal selain kebun teh Nglinggo yang berada di kabupaten yang sama. Berbeda dengan air terjun lainnya, aliran air terjun ini tepat berada diantara dinding tebing tinggi. Suhu udara khas dataran tinggi akan membuat Anda semakin nyaman saat berendam di air terjun ini. Benturan air dengan bebatuan pun menciptakan suara cipratan yang bisa membuat Anda semakin merasa betah berlama-lama di tengah alam Indonesia yang menakjubkan ini. Anda pun akan disuguhi pemandangan alam lainnya berupa perbukitan dengan jejeran pohon pinus di bagian puncaknya. 

Sebelum menikmati keindahan air terjun Grojogan Watu Jonggol, Anda pun harus berjalan dulu menapaki pematang sawah. Walaupun harus berjalan lumayan jauh, Anda tidak akan merasa lelah karena pemandangan alam dengan hamparan sawah hijaunya akan memanjakan mata. Selain Grojogan Watu Jonggol sekitar kawasannya juga bisa Anda menemukan dua air terjun lain yang tidak kalah indahnya, Kedung Cumpleng dan Curug Nglingo. 

Akses dari kota Jogja ke kawasan air terjun Grojogan Watu Jonggol sendiri terbilang mudah. Apalagi, kawasan Gunung Kidul sudah sangat terkenal dengan berbagai objek wisatanya. Banyak petunjuk jalan yang akan Anda lihat sepanjang perjalanan.  Dari kota Jogja, Anda bisa mengambil rute kea rah timur melalui jalan Godean. Jaraknya hanya 40 km saja. Anda akan menemukan pasar Godean di jalan tersebut. Ketika menemukan perempatan ke Sentolo, Goa Kiskendo, dan Magelang. Ambilah arah Magelang, ke utara atau sebelah kanan. Nantinya, Anda akan menemukan kembali perempatan dimana rute yang harus Anda ambil yaitu arah Dekso, ke sebelah kiri. Memasuki jalan ini, Anda hanya perlu lurus ke arah barat. Tidak sampai 1 jam, Anda pun akan sampai ke kecamatan Samigaluh. Kecamatan ini merupakan perbatasan antara Kulon Progo-Yogyakarta dengan Purworejo-Jawa Tengah. 

Selanjutnya, Anda tinggal menuju lokasi dimana air terjun Grojogan Watu Jonggol berada. Anda akan mulai menemukan jalan berupa tanjakan yang berliku. Di lokasi ini tidak ada kendaraan umum. Jadi, membawa kendaraan pribadi pun harus Anda lakukan. Anda masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam hingga menemukan Pasar Plono. Setelah sampai di pasar ini, ambil jalan ke arah utara, sebelah kanan. Selain tanjakan, jalan di sini juga terjal dengan pinggir-pinggir berupa tebing. Walaupun pemandangannya indah, sangat disarankan untuk tetap berhati-hati. Perjalanan pun akan berakhir setelah menempuh jarak kurang lebih 3 km. Anda akan menemukan loket dengan harga tiket yang sangat terjangkau. Tiket ini pun tidak hanya tiket masuk air terjun, tapi juga tiket masuk ke kebun teh Nglinggo.

Mengingat tidak ada kendaraan umum serta jalanan yang cukup beresiko, untuk jarak tempuh berjam-jam ini, kendaraan roda dua lebih direkomendasikan. Selama di Jogja, Anda bisa menyewa sepeda motor dari Mandiri Motor. Terdapat banyak pilihan kendaraan roda dua yang bisa Anda sesuaikan di rental Jogja termurah ini. Semua kendaraannya aman dan nyaman digunakan. Selain fasilitas lengkap kendaraan yang akan Anda dapatkan, fasilitas peminjaman mulai dari pemesanan online hingga free delivery pun akan Anda dapatkan. Anda dapat melakukan pemesanan secara online di www.rentalmotoryogyakarta.com atau by phone 082134415485 dan SMS 08574313080. Lebih mudah lagi, melalui BBM dengan PIN 335B1335. Menggunakan kendaraan roda dua ke kawasan wisata ini, selain cepat dan lebih aman, juga membuat Anda tidak capek. Setelah melakukan pembelian tiket, hanya kendaraan roda dualah yang cukup untuk melewati 100 m jalan setapak untuk sampai ke air terjun Grojogan Watu Jonggol tersebut.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)

Subscribe to receive free email updates: