Gua Kiskendo – Cerita Ramayana yang Bersemayam di Dalam Gua


Sebagai kota yang penuh budaya, Yogyakarta  juga menyimpan pesona di dalam perut buminya, salah satunya terpancar dari Gua Kiskendo

Gua ini merupakan gua yang sangat terkenal dengan goresan cerita dari Ramayana. Memasuki gua ini, Anda akan terasa seperti menelusuri lorong cerita tentang Ramayana, prajurit gagah dan perkasa yang terpahat di tebing batu sekitar pintu. Ini akan makin memberikan pengalaman yang nyata dalam menghayati romansa kisah Ramayana, sebuah epos yang sangat legendaris di dunia. 

Kelokan Panjang Bermahkotakan Stalagnit


Ketika memasuki Gua Kiskendo, Anda bagaikan memasuki sebuah lorong tanpa ujung. Gua ini memang berbentuk lorong, namun dengan lekukan yang sangat menawan. Jika Anda bukan seorang petualang yang sering memanjat atau menelusuri gua, maka tak perlu khawatir, karena lantai dari gua ini sudah di beton, sehingga Anda akan dapat leluasa menjelajahi kecantikan dan keindahan Gua Kiskendo. Di dalam gua ini, Anda tak hanya dapat menikmati keindahan atau kecantikan di dalam perut bumi Yogyakarta ini, namun juga Anda akan ditemani dengan segala cerita menarik di dalam gua ini. 

Gua Kiskendo ini pertama kali ditemukan oleh seorang petapa yang bernama Ki Gondorio pada tahun 1700-an yang bermula dari mimpi sang petapa yang bermimpi memasuki sebuah gua panjang berkelok dan keesokan harinya mimpi tersebut ditelusuri. Dan di dalam mimpi tersebut, sang petapa diberikan petunjuk lain agar setiap ruangan pertapaan itu diberikan nama. Memang ketik Anda memasuki gua, Anda akan melihat beberapa ruangan bekas pertapaan. Versi lain dari munculnya gua ini adalah dipercaya dari cerita pewayangan seperti yang diukir di pintu depan bagian gua. Di mana dikisahkan bahwa gua ini dulunya merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin langsung oleh raja Mahesosuro. Ada juga cerita lain yang mengatakan bahwa gua ini merupakan duplikat gua yang sama yang berada di India. 

Di dalam gua ini, terdapat total 15 ruangan, yang masing-masing ruangan memiliki nama, antara lain adalah Lidah Mahesosuro, Pertapaan ledek, Pertapaan Santri Tani, Pertapaan Subali, Sumelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Gua Seterbang, Keraton Sekandang, Pertapaan Kusuman, Padasan, Sepranji, Babat Kandel, Sawahan dan Selangsur. Gua Kiskendo ini sendiri terletak di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jarak yang cukup dekat dari kota besar, banyak akses yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke gua ini. 

Salah satu akses yang mudah adalah dengan cara rental motor antar jemput. Untuk menemukan rental motor antar jemput tepercaya di kota Yogyakarta, Anda bisa memilih MANDIRI MOTOR yang mana rental motor ini merupakan rental motor antar jemput yang sudah dipercaya oleh wisatawan asing maupun lokal. Untuk mengunjungi Gua Kiskendo yang sangat terkenal akan epos Ramayana-nya, Anda bisa langsung menghubungi MANDIRI MOTOR di 085743130870.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

Subscribe to receive free email updates: