Eksotisme Pemandangan Goa di Desa Wisata Umbulrejo

Desa Wisata Umbulrejo

Desa Wisata Umbulrejo, kecamatan Ponjong telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata di Yogyakarta sejak tahun 2003. Setiap tahun, kunjungan wisatawan ke desa ini terus meningkat. Kesadaran masyarakata akan potensi wisata yang dimiliki desa tersebut adalah salah satu faktor yang mempengaruhinya. Banyak alasan kenapa wisatawan tertarik datang ke desa ini. Selain menyajikan pemandangan yang indah dan memiliki berbagai objek wisata menarik, akses transportasinya pun dinilai mudah. 

Menyusuri Goa di Desa Wisata Umbulrejo


Objek wisata yang ada di Desa Wisata Umbulrejo bukan wisata alam biasa. Ada keunikan tersendiri dari setiap objeknya. Mulai dari Dam Beton dengan wisata alam tirtanya, hingga Goa Cokro, Gremeng, dan Lowo yang merupakan wisata susur. Dam Beton, objek wisata ini merupakan objek wisata yang indah dengan pemandangan alam berupa hamparan sawah dan pegunungan hijau di sekelilingnya. Sebagai wisata tirta, Dam Beton dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Selain terdapat banyak rumah makan dan warung dengan ciri khas desa menggunakan tempat duduk lesehannya, di sini juga terdapat kolam pemancingan. Jika datang ke sini bersama keluarga, Anda akan merasakan suasana kekeluargaan yang begitu akrab sambil menikmati aktivitas out bond yang areananya telah disediakan, seperti flying fox. Untuk aktivitas lebih santai, Anda juga bisa menikmati pemandangan di Bendungan Simo sambil menaiki bebek air.

Puas menikmati suasana santai di Dam Beton, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan wisata di Desa Wisata Umbulrejo yang lebih bersemangat dengan aktivitas caving. Menyusuri goa-goa dengan berbagai kedalaman dan menikmati keindahan pemandangan yang tersimpan di dalam perut bumi tersebut. Untuk melakukan kegiatan ini, Anda akan dipandu dan dilengkapi dengan peralatan masuk termasuk adanya bekal minuman dan snack. Goa yang pertaman adalah Goa Cokro. Dalam bahasa Jawa, goa ini dikategorikan sebagai goa ‘Luweng’ yang artinya goa vertical. Goa Cokro memiliki kedalaman kurang lebih 35 meter dan dikenal dengan pemandangan goanya yang eksotis. Goa selanjutnya yaitu Goa Gremeng yang berada di dusun Belimbing. Dinas Pariwisata resmi membukanya sejak tahun 2003. Goa ini tembus ke Plalar pada kedalaman 3.000 meter. Satu hal yang harus diwaspadai, pada bagian tengah goa terdapat air dengan kedalaman yang lumayan berbahaya. Wisatawan diharuskan memakai pelampung saat menyebranginya. Terakhir, yaitu Goa Lowo. Lowo dalam bahasa Jawa artinya kelelawar. Goa ini dinilai sedikit mengkhawatirkan. dengan aktivitas penambangan batu kapurnya.  

Sebelum Anda meninggalkan Umbulrejo, nikmati dulu keindahan landscapenya dari Puncak Sunggingan yang berada di dusun Sunggingan. Desa dengan luas 1.385 ha dengan area persawahan dan bukit kapurnya tersebut merupakan salah satu keindahan alam terbaik yang dimiliki Indonesia. Desa Wisata Umbulrejo yang jaraknya sekitar 15 km ke arah timur Wonosari ini dapat Anda akses menggunakan sepeda motor. Sewa sepeda motor di Jogja, bisa langsung menghubungi Mandiri Motor dengan nomor telepon 085743130870.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

Subscribe to receive free email updates: